Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DAILY LIFE TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI KOLOID

INDRA FATKULLAH, - (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DAILY LIFE TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indra Fatkullah (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Daily Life Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Koloid Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis daily life memudahkan siswa mengemukakan gambaran tentang kimia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis daily life terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi koloid. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Pekanbaru kelas XI MIPA pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, jenis penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian dengan pengolahan data menggunakan uji-t dan uji koefisien determinasi. Pada uji-t diperoleh hasil Sig (2-tailed)=0,004 lebih kecil dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai (r )=0,107, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbasis daily life berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi koloid sebesar 10.7%. Kata Kunci : Problem Based Learning, Daily Life, Keterampilan Pemecahan Masalah, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:07
Last Modified: 04 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63303

Actions (login required)

View Item View Item