Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi Program Linier

Rizki Fajri Halim, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi Program Linier. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizki Fajri Halim, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Open Ended Pada Materi Program Linier Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif pada materi program linier. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Perpajakan Riau tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMK Perpajakan Riau. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X PKM. Objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika berbasis Pendekatan Open Ended. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket kepraktisan dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan Open Ended yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,96%) dan sangat praktis 90% untuk kelompok kecil dan 91,07% untuk kelompok besar. Sedangkan nilai t_hitung sebesar 5,875569 dan nilai t_tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,042272 maka t_hitung>t_tabel atau 5,875569 >2,042272, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan Open Ended ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Open Ended, Program Linier

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:11
Last Modified: 04 Aug 2022 07:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63301

Actions (login required)

View Item View Item