DESMON EKO SURINDRA, - (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SAM’IYAH SYAFAWIYAH MENGGUNAKAN MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN AL KAUSTAR PEKANABRU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI DESMON EKO SURINDRA.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Desmon Eko Surindra,(2022) :Efektivitas penerapan metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental reserch yang terdiri dari dua variabel yaitu penerapan metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film sebagai variable X sedangkan motivasi belajar Bahasa Arab sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII di Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru?”. Objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru tahun pelajaran 2021-2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru yang berjumlah 183 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A= 24 dan VIII B= 24 yang berjumlah 48 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Angket yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan reabilitas pada soal pretest, dari 20 soal yang diuji validitas, maka didapatkan 15 butir soal yang valid dan 5 butir soal yang tidak valid dan postest dikelas eksperimen peneliti mendapatkan nilai 3.7 dan pada kelas control peneliti mendapat nilai 0.3. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t0, diperoleh nilai thitung=8,72 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 1% = 0,384 dan taraf signifikansi 5% = 0,297. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara penerapan metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film dengan motivasi belajar Bahasa Arab. Dengan data tersebut, metode Sam’iyah Syafawiyah menggunakan media film dinyatakan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Pondok Pesantren Al Kaustar Pekanabru. Kata kunci: Efektifitas, Metode Sam’iyah Syafawiyah, Media Film, dan Motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63289 |
Actions (login required)
View Item |