Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Hubungan antara Perceived social support dan Self-Compassion pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19

RACHEL, OKTA ALIDA (2022) Hubungan antara Perceived social support dan Self-Compassion pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV_RACHEL OKTA ALIDA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_RACHEL OKTA ALIDA.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat mahasiswa harus menyesuaikan diri dengan proses pembelajaran baru, termasuk saat bimbingan skripsi. Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dihadapkan pada berbagai permasalahan, oleh karena itu perlu adanya self-compassion untuk mengatasi hambatan tersebut. Perceived social support dapat diprediksi membantu mahasiswa untuk memiliki self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perceived social support dan Self-Compassion pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 175 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Psikologi UIN SUSKA Riau dengan teknik pengambilan sampel yaitu Stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala MPSS (Zimet dan Mitchell, 2000) dan skala self-compassion (Neff, 2003). Berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,462 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada hubungan antara perceived social support dengan self-compassion pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19. Artinya saat mahasiswa mempersepsikan dukungan sosial yang baik maka ia akan semakin mencintai dirinya, peduli dan menerima setiap kondisi yang dialami terutama saat mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:06
Last Modified: 04 Aug 2022 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63270

Actions (login required)

View Item View Item