NILMA ARMITA, - (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIRTUAL CHEMISTRY LABORATORY (CHEMCOLLECTIVE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nilma Armita (2022): Implementasi Pembelajaran Menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (ChemCollective) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam Basa Keterampilan generik sains menjadi keterampilan yang perlu dilatih serta dioptimalkan kepada peserta didik dalam pembekalan pembelajaran salah satunya dalam menggunakan media Virtual Chemistry Laboratory. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran menggunakan Virtual Chemistry Laboratory (ChemCollective) dalam meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Pekanbaru dengan materi pokok Titrasi Asam Basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dimana subjek dalam penelitian ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest, angket respon dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil penelitian posttest menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 < 0.05 sehingga menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, rata-rata N-gain keterampilan generik sains kelas eksperimen 0.76 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0.62 dengan kategori sedang. Dari 6 indikator yang dianalisis, indikator bahasa simbolik pada kelas eksperimen memiliki selisih paling tinggi yaitu 0.34. Sedangkan pada kelas kontrol hukum sebab akibat lebih tinggi sebanyak 0.02 dari kelas eksperimen. Adapun peningkatan paling rendah pada kedua kelas terdapat pada indikator membangun konsep. Respon peserta didik setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media Virtual Chemistry Laboratory (ChemCollective) sangat baik dengan presentase 81.07 %. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik menggunakan media VCL-CC disertai praktikum langsung dari teori yang diajarkan. Kata Kunci : Virtual Chemistry Laboratory, ChemCollective, Keterampilan Generik Sains, Titrasi Asam Basa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:07 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 04:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63266 |
Actions (login required)
View Item |