Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self-Confidence siswa Sekolah Menengah Pertama

Nurul Nadia, - (2022) Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self-Confidence siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Nadia, (2022),: Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Self-Confidence siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama yang belajar menggunakan model scaffolding dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional berdasarkan self-confidence. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah desain faktorial. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tanah Merah, dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data berupa tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dimana siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Scaffolding lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional; 2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis dimana siswa yang memiliki Self-Confidence tinggi lebih baik dari siswa yang memiliki Self-Confidence sedang dan rendah; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Scaffolding dan Self-Confidence dalam mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Scaffolding, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:25
Last Modified: 04 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63232

Actions (login required)

View Item View Item