Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS BIAYA PRODUKSI PADA USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Dusun IV Kasang Kulim Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar)

NABILA SURI HUZAIMA, - (2022) ANALISIS BIAYA PRODUKSI PADA USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Dusun IV Kasang Kulim Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NABILA SURI HUZAIMA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nabila Suri Huzaima (2022) : “Analisis Biaya Produksi Pada Usaha Budidaya Ikan Lele Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Dusun IV Kasang Kulim Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar)”. Pada budidaya ikan lele, sangat dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup terhadap budidaya ikan lele. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman terhadap teknik-teknik yang harus diaplikasikan terhadap ikan lele akan berpengaruh terhadap hasil produksi dari ikan tersebut. Dari hasil kegiatan usaha budidaya ikan lele di Desa Kubang Jaya ini permasalahannya adalah perbedaan hasil yang cukup jauh dari masing-masing pembudidaya, selain faktor biaya, hal ini diduga karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman para pembudidaya terhadap teknik-teknik dalam budidaya ikan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah para pemilik budidaya ikan lele yang berjumlah 4 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari tempat penelitian berdasarkan hasil wawancara dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bukubuku, laporan biaya dan lainnya yang berkaitan dengan penelitian penulis. Metode pengumpulan data yaitu secara observasi, wawancara, kajian pustaka serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Dusun IV Kasang Kulim Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar menunjukkan bahwa biaya pakan, biaya tenaga kerja, biaya bibit merupakan biaya yang sering dikeluarkan oleh pembudidaya ikan lele dalam meningkatkan hasil produksi, dimana biaya pakan adalah komponen terbesar dari biaya yang dikeluarkan dalam hasil produksi budidaya ikan lele dan secara keseluruhan pada kegiatan budidaya ikan lele di Dusun IV Kasang Kulim telah sesuai dengan prinsip syariah. Kata Kunci : Biaya produksi, biaya pakan, biaya tenaga kerja, biaya bibit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:46
Last Modified: 03 Aug 2022 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63207

Actions (login required)

View Item View Item