Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3.0 PADA LPSE PROVINSI RIAU

Yudi Lesmana Putra, - (2022) ANALISIS PENGELOLAAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3.0 PADA LPSE PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB PUBLIK.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

LPSE sudah menerapkan suatu layanan teknologi informasi berupa sistem informasi yaitu Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) untuk memfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik. Saat ini SPSE masih memiliki kendala dalam operasionalnya seperti kurangnya sumber daya manusia mengakibatkan kurang efektifnya pelayananan. Kemudian, maintance sistem dan penanganan masalah hanya dilakukan setelah adanya masalah dan keluhan dari user. Dapat diketahui LPSE saat ini belum sepenuhnya melakukan tindakan proses Event Managemant, untuk itu perlu dilakukan analisa dan evaluasi. Dalam penelitian ini dilakukan analisa menggunakan framework ITIL V.3 pada area service operation dengan lima domain yaitu Event Managemant, Problem Managemant, Incident Managemant, Request Fullfilment dan Access Managemant. Menggunakan framework Information Technology Infrastruktur Library (ITIL) merupakan solusi yang diperlukan guna meningkatkan kualitas layanan TI. Sifat best practice dalam ITIL merupakan pedoman yang tepat sehingga bisa meingkatkan kualitas layanan TI. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan framework ITIL versi 3, Hasil tanggapan responden tingkat kematangan kesiapan Sistem LPSE Provinsi Riau saat ini yang telah diukur kerangka kerja ITIL versi 3 bernilai 3.0 dan berada pada level 3 (defined process) dalam kategori kondisi dimana perusahaan telah memiliki pola yang berulang kali dilakukan dalam melakukan manajemen aktivitas terkait dengan tata kelola teknologi informasi, namun keberadaannya belum terdefinisi secara baik dan formal sehingga masih terjadi ketidakkonsistenan dan sudah mulai ada prosedur namun tidak seluruhnya terdokumentasi dan tidak seluruhnya disosialisasikan kepada pelaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:10
Last Modified: 03 Aug 2022 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63195

Actions (login required)

View Item View Item