Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD NEGERI 017 PANDAU JAYA KABUPATEN KAMPAR

ELVINA ROSA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD NEGERI 017 PANDAU JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Elvina Rosa, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri 017 Pandau Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada pembelajaran Tematik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran learning cycle 5E dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebelum tindakan kemampuan pemecahan masalah siswa secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata mencapai 52,91 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh nilai rata-rata mencapai 70 atau berada pada kategori cukup. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 81,04 dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran Tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:32
Last Modified: 03 Aug 2022 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63156

Actions (login required)

View Item View Item