Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WRITE AROUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 001 TANJUNG

AHMAD ALPARIZI LUBIS, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WRITE AROUND UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 001 TANJUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD ALPARIZI LUBIS 11810812820.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Alparizi Lubis (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Write Around untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan narasi Siswa pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui model pembelajaran write around pada muatan Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Tanjung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narai siswa baik menentukan alur cerita, menetukan pelaku dalam cerita serta menentukan latar cerita yang akan dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran write around dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran write around dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum tindakan perbaikan yaitu 37,44 berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 61,6 dan berada pada kategori cukup tinggi. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa kembali meningkat menjadi 80,24 dan pada kategori tinggi. Dengan demikian, model pembelajaran write around dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 001 Tanjung. Kata Kunci: Write Around, Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:54
Last Modified: 02 Aug 2022 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63132

Actions (login required)

View Item View Item