Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Self Disclosure Siswa dalam Mengikuti Konseling Online (Studi Kasus di SMAN 4 MANDAU).

AHMAD HAMZAH, - (2022) Self Disclosure Siswa dalam Mengikuti Konseling Online (Studi Kasus di SMAN 4 MANDAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD HAMZAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Disclosure dalam kegiatan bimbingan konseling online, seharusnya dalam melakukan kegiatan bimbingan konseling anak harus memiliki Self Disclosure untuk menggali sejauh mana kemampuan yang ada didalam diri siswa, peranan penting guru BK dalam bimbingan konseling yaitu membimbing, memberi arahan, serta memfasilitasi. Namun kenyataan yang penulis temukan dilapangan adanya siswa yang memiliki Self Disclosure rendah, karena siswa merasa takut, cemas, dan tidak percaya diri, sehingga membuat siswa tertutup dalam menyampaikan kelebihannya pada saat bimbingan konseling online berlangsung. Hal ini membuat guru merasa kesulitan dalam menggali informasi sejauh mana kemampuan yang tersembunyi yang ada didalam diri siswa tersebut, Self Disclosure siswa merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh dalam bimbingan konseling online, sehingga berdampak negatif pada Self Disclosure siswa dapat dilihat dari kesulitan mengeluarkan pendapat, kurangnya kemampuan mengemukakan ide atau gagasan yang ada pada dirinya serta kesulitan berkomunikasi dengan orang lain yang kurang efektif, baik komunikasi antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan teman sebayanya, penelitian ini disusun berdasarkan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan Self Disclosure Siswa dalam Mengikuti Konseling Online (Studi kasus di SMAN 4 MANDAU). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jumlah informan dua orang guru bimbingan dan konseling dan satu orang guru bidang studi agama Islam serta empat orang siswa menjadi informan tambahan. teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan bimbingan konseling online sangat lah diperlukan inisiatif self disclosure dari setiap siswa yang mengikuti bimbingan konseling online, agar guru BK dapat dengan mudah memberi bimbingan, arahan, serta fasilitas, yang diperlukan saat siswa telah mengetahui kemampuannya. Waktu pelaksanaan bimbingan konseling online menggunakan aplikasi zoom dan layanan konseling online hanya dilaksanakan sebulan 2 kali dan tidak membahas masalah siswa melainkan membahas tentang Self Disclosure siswa yang lebih optimal. Kata Kunci: Self Disclosure, Siswa, Bimbingan Konseling Online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:23
Last Modified: 03 Aug 2022 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63125

Actions (login required)

View Item View Item