Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

`STUDI KASUS TENTANG PEMBACAAN SURAH-SURAH PILIHAN DALAM TRADISI TEPUNG TAWAR (Kajian Living Qur’an Di Dusun Satu Desa Kesuma, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan, Provinsi Riau)

WIDDIAWATI, - (2022) `STUDI KASUS TENTANG PEMBACAAN SURAH-SURAH PILIHAN DALAM TRADISI TEPUNG TAWAR (Kajian Living Qur’an Di Dusun Satu Desa Kesuma, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan, Provinsi Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

WIDDIAWATI (2022) : `STUDI KASUS TENTANG PEMBACAAN SURAH-SURAH PILIHAN DALAM TRADISI TEPUNG TAWAR (Kajian Living Qur’an Di Dusun Satu Desa Kesuma, Kec. Pangkalan Kuras, Kab. Pelalawan, Provinsi Riau) Tradisi Tepung Tawar yaitu suatu adat istiadat kebiasaan yang dilakukan untuk acara pernikahan dan pengobatan yang bertujuan untuk memberikan doa kepada kedua mempelai dan orang yang sakit. Dalam kepercayaan masyarakat, jika melakukan tradisi tepung tawar ini, maka akan mendapatkan keberkahan, kekekalan, dan keselamatan di dalam pernikahan kedua mempelai sampai ke anak cucu mereka. Persoalan yang akan diteliti dalam skripsi ini mengenai; 1) bagaimana analis dan keutamaan bacaan surah-surah pilihan dalam tradisi tepung tawar. 2) bagaimana bentuk pelaksanaan tradisi tepung tawar dan makna pembacaan surah-surah pilihan dalam tradisi tepung tawar ini bagi masyarakat di Dusun Satu Desa Kesuma. 3) apa faktor penyebab sebagian masyarakat Dusun Satu Desa Kesuma tidak membaca surah-surah pilihan pada saat proses tradisi tepung tawar. Adapun metode penelitian yang nantinya akan disampaikan penulis adalah dengan metode penelitian Deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara mendalam dan detail tentang suatu fenomena yang tidak akan terjawab jika informan hanya sebatas menjawab pertanyaan wawancara, maka harus melalui pendekatan yang intes sehingga mendapatkan jawaban yang akurat. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah tradisi tepung tawar ini merupakan tradisi yang baik jika dilakukan karena tradisi ini berupa doa yang dituangkan untuk memohon kepada Allah Swt keselamatan, keberkahan dan kekekalan didalam rumah tangga kedua mempelai. Kemudian tradisi ini juga digunakan untuk memohon kesembuhan kepada Allah Swt dengan dilantunkan surah-surah pilihan di dalam al-Qur‟an dengan tujuan yang baik. Surah-surah pilihan yang digunakan didalam tradisi ini juga merupakan surah-surah yang banyak mengandung khasiat dan keutamaannya yakni salah satunya Surah al-Fatihah dan Surah an-Ikhlas. Namun, ada sebagian yang hanya melakukan tradisi tepung tawar tanpa diiringi bacaan surah-surah pilihan. Mereka tidak tau bahwa sebenarnya kunci dalam tradisi tepung tawar ini yakni ada pada surah-surah pilihan tersebut. Kata Kunci : Tradisi, Tepung T w r, Living Qur’ n

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:40
Last Modified: 03 Aug 2022 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63116

Actions (login required)

View Item View Item