Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran Konselor Dalam Membentuk Perilaku Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pekanbaru

WIRANTI JUTRINA, - (2022) Peran Konselor Dalam Membentuk Perilaku Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL)
BAB V HASIL WIRANTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img]
Preview
Text
WIRANTI SKRIPSI JUTRINA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kejahatan yang dilakukan anak masih sangat tinggi dan meresahkan masyarakat sehingga menyebabkan anak berhadapan dengan penegak hukum. Konselor adalah pihak yang membantu klien dalam proses konseling. Konselor dalam menjalankan peran nya bertindak sebagai motivator, sahabat dan pembimbing yang mendampingi, mendengar dan membantu klien menyadari masalahnya dan membantu klien mengatasi masalah yang dihadapinya. Tujuan dari Peran Konselor di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pekanbaru adalah membantu klien dalam membentuk perilaku anak dari yang kurang baik menjadi perilaku yang baik agar klien dapat berinteraksi dan menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Konselor Dalam Membentuk Perilaku Anak di LPKA Kelas II Pekanbaru. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang konselor dan 3 orang anak binaan. Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan tentang peran konselor dalam membentuk perilaku anak di LPKA menunjukan bahwa konselor berperan dalam membentuk perilaku anak dengan melaksanakan konseling, dimana dalam melaksanakan konseling dengan anak binaan konselor yang terlebih dahulu datang kepada anak binaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan anak sehingga anak merasa dihargai dan dimengerti, konselor menjadi pendengar yang baik dan memberikan rasa aman dan nyaman sehingga anak menceritakan permasalahannya tanpa merasa takut dan dihakimi. Setelah dilaksanakan konseling dengan anak binaan menunjukan adanya perubahan perilaku pada anak, yang mana anak yang awalnya pemalu dan tertutup menjadi anak yang lebih terbuka dan mampu bersosialisasi dengan baik. Kata Kunci : Peran Konselor dan Perilaku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:31
Last Modified: 02 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63108

Actions (login required)

View Item View Item