Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 004 TANJUNG PAUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Nurliza, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 004 TANJUNG PAUH KECAMATAN SINGINGI HILIR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurliza, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Poster Session untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran poster session di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Objeknya adalah model pembelajaran poster session dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran poster session dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal tersebut terlihat pada peningkatan kerjasama siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata kerjasama yang diperoleh siswa mencapai 47% atau berada pada kategori rendah . Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai angka 63% dan masih berada pada kategori cukup. Ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata kerjasama meningkat hinggamemperoleh nilai rata-rata sebesar 79% dan sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran poster session dapat meningkatkan kerjasama siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi . Kata Kunci : Model Pembelajaran Poster Session, Kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:25
Last Modified: 02 Aug 2022 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63079

Actions (login required)

View Item View Item