Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERJANJIAN KERJASAMA PENGADAAN GAS MEDIS ANTARA PT SAMATOR GAS INDUSTRI DENGAN RSUD dr RM PRATOMO BAGANSIAPIAPI ROKAN HILIR

SINTHA, - (2022) PERJANJIAN KERJASAMA PENGADAAN GAS MEDIS ANTARA PT SAMATOR GAS INDUSTRI DENGAN RSUD dr RM PRATOMO BAGANSIAPIAPI ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “PERJANJIAN KERJASAMA PENGADAAN GAS MEDIS ANTARA PT SAMATOR GAS INDUSTRI DENGAN RSUD dr RM PRATOMO BAGANSIAPIAPI”. Perjanjian pengadaan barang menjadi kebutuhan yang sangat penting di dalam instansi pemerintahan khusunya Rumah Sakit Umum Daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dalam hal ini PT Samator Gas Industri sebagai penyedia barang berupa gas medis yang dibutuhkan oleh RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi dan telah disahkan dalam sebuah perjanjian pengadaan barang. Pelaksanaan perjanjian para pihak harus berperan aktif dalam melaksanakan klausul perjanjian yang disepakati, namun tidak menutup salah satu pihak untuk melaksanakan perjanjian secara tidak baik dan merugikan salah satu pihak. Perjanjian yang mengikat antara PT Samator Gas Industri dengan RSUD dr RM Pratomo pada pelaksanaan perjanjian mengalami permasalahan keterlambatan dalam pemenuhan gas medis oleh PT Samator Gas Industri yang mengakibatkan kerugian di pihak RSUD dr RM Pratomo. Berdasarkan uraian di atas penulis merumuskan 2 permasalahan yang diteliti, yakni bagaimana pelaksanaan perjanjian serta faktor faktor yang memengaruhi perjanjian kerjasama pengadaan gas medis antara PT Samator Gas Industri dengan RSUD dr RM Pratomo, dan bagaimana penyelesaian masalah perjanjian antara PT Samator Gas Industri dengan RSUD dr RM Pratomo? Metode penelitian , penelitian ini digolongkan kepada penelitian hukum empiris atau sosiologis penelitian ini berupaya melihat hukum khususnya hukum perjanjian atau kontrak berkerja di dalam masyarakat. Sedangkan dilihat dari sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif dimana penelitian ini menganalisis, menggambarkan bagaimana pelaksanaan perjanjian dengan teori teori perjanjian itu sendiri. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama pengadaan gas medis antara PT Samator Gas Industri dengan RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi di dalam pasal 6 perjanjian belum terlaksana secara maksimal, adanya permasalahan keterlambatan waktu dalam konfirmasi dan pengantaran gas medis yang dilakukan oleh PT Samator Gas Industri membuat pihak RSUD dr RM Pratomo mengalami kerugian hal tersebut membuat adanya ketidakseimbangan kontrak. Kondisi permasalahan yang terjadi disebabkan ketidakmampuan PT Samator dalam menghadapi tingginya permintaan gas medis selama masa pandemi sehingga membuat keterlambatan konfirmasi dan pengantaran gas medis. Penyelesaian permasalahan yang terjadi dilakukan secara musyawarah untuk mencari kesepakatan dan solusi terhadap permasalahan yang terjadi serta melalui renegosiasi isi perjanjian antara kedua pihak dengan menyesuaikan klausul perjanjian dengan kondisi yang sedang tejadi. Kata Kunci : Perjanjian, Perjanjian Kerjasama, Pengadaan, Gas Medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:15
Last Modified: 02 Aug 2022 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63070

Actions (login required)

View Item View Item