Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA SUNGAI RAMBAI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI

SITI SOLEHAH, - (2022) STRATEGI PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI PROGRAM USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI DESA SUNGAI RAMBAI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT PROVINSI JAMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kegitan pemberdayaan ibu rumah tangga yang dilakukan oleh program usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) yang berada di Desa Sungai rambai Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna membantu ibu-ibu rumah tangga untuk mengembangkan skill dan keterampilan yang dimiliki. Pada umumnya ibu-ibu di yang ada di desa sungai rambai, oleh karena itu program uppks ini ada dikarenakan untuk membantu ibuibu rumah tangga ini supaya memiliki penghasilan tambahan dan juga supaya ibuibu bisa mengembangkan keahlian yang dimilikinya. Oleh karena itu penenelitian ini meneliti tentang bagaimana strategi yang dilakukan oleh UPPKS dalam pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga. Sama halnya yang dikatakan oleh Elizabeth (2007) bahwa pemberdayaan (empowerment) pada wanita merupakan upaya yang dilakukan untuk menunjukan penguatan terhadap segala yang berada dalam ketidak berdayaan sehingga pemberdayan diharapkan mampu menolong dirinya sendiri dalam mengembangkan semangat kepercayaan yang telah ada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan 7 orang. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemberdayaan yang di lakukan oleh program usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) untuk memberdayakan ibu rumah tangga antara lain yaitu memotivasi melakukan pelatihan serta meningkatkan kemandirian ibu-ibu rumah tangga. Dan hasil dari aktivitas tersebut ibu-ibu telah mengasilkan usaha-usaha seperti pembuat keripik tempe, penjahit, pabrik tahu serta pembuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang nantinya dapan menabah pendapatan keluarga. Kata kunci: pemberdayaan, ibu rumah tangga, usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:10
Last Modified: 01 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/63003

Actions (login required)

View Item View Item