Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INTERAKSI SOSIAL WANITA PERSPEKTIF ALQUR’ĀN DAN IMPLEMENTASI NILAI KARAKTERNYA DALAM KEHIDUPAN MODERN ( STUDI KRITIS SURAT AL-QASHASH AYAT 23-26 )

MUHAMMAD HASBIALLAH, MH (2022) INTERAKSI SOSIAL WANITA PERSPEKTIF ALQUR’ĀN DAN IMPLEMENTASI NILAI KARAKTERNYA DALAM KEHIDUPAN MODERN ( STUDI KRITIS SURAT AL-QASHASH AYAT 23-26 ). Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,V hasbi hk.pdf

Download (33MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV hasbi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi kisah yang mengisi sepertiga al- Qur’an yang memiliki nilai edukasi untuk memberikan gambaran mengenai konsep interaksi sosial wanita yang dewasa ini polanya cenderung bias dan terdapat kesenjangan, disebabkan oleh fenomena modernisasi dan berkembangnya media sosial digital. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui; Pertama, bentuk interaksi sosial dari kedua anak Nabi Syu'aib yang terdapat dalam surat al-Qashash ayat 2326, dan Kedua, implementasi nilai karakter wanita dalam kehidupan modern. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat studi pustaka dan pendekatan penelitian menggunakan metode maudhu'iy atau tematik. Teknik pengumpulan data yaitu dengan membaca atau meninjau buku-buku yang berkaitan dengan interaksi sosial, Qashash dan penafsiran berdasarkan data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan analisis konten/isi dan interpretasi atau Tafsīr teks. Hasil daripada penelitian menunjukkan bahwa: 1. Idealnya interaksi wanita sebagai mana surat al-Qashash ayat 23-26 yaitu; tidak berikhtilath sebagai salah satu upaya dari wanita untuk menjaga dan memuliakan diri sendiri, kemudian bersikap malu sebagai salah satu cara untuk mengontrol bahasa tubuh, lisan dan perbuatan ketika berinteraksi, berada dibelakang laki-laki ketika berjalan serta berani menyampaikan pendapat dengan memperhatikan etika dalam bermusyawarah. 2. Wanita harus memperhatikan etika interaksi sosial yang baik dalam kehidupan sehari-hari dimulai dari ranah domestik hingga ranah publik dengan tidak melupakan peranan utamanya sebagai seorang wanita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Tafsir Hadist
Depositing User: pps -
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:20
Last Modified: 01 Aug 2022 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62975

Actions (login required)

View Item View Item