Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PREDIKSI KONSUMSI ENERGI LISTRIK JANGKA MENENGAH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (BACKPROPAGATION) DI KABUPATEN ROKAN HULU

ahmad fadli aziz, - (2022) PREDIKSI KONSUMSI ENERGI LISTRIK JANGKA MENENGAH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (BACKPROPAGATION) DI KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV WATER MARK AHMAD FADLI AZIZ.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img]
Preview
Text
TA AHMAD FADLI AZIZ REV WATERMARK REV 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ahmad Fadli Aziz (2022) : PREDIKSI KONSUMSI ENERGI LISTRIK JANGKA MENENGAH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (BACKPROPAGATION) DI KABUPATEN ROKAN HULU Peningkatan jumlah penduduk ini berdampak pada meningkatnya pemakaian energi listrik di Kabupaten Rokan Hulu dimana total konsumsi dan pengguna energi listrik untuk semua sektor di Rokan Hulu pada tahun 2019 adalah 21 MW sedangkan kapasitas terpasang hanya 18 MW dari hal tersebut mengakibatkan terjadinya defisit energi listrik. Dengan adanya permasalahan mengenai penyediaan energi listrik maka perlu adanya perencanaan konsumsi energi listrik di Kabupaten Rokan Hulu untuk 5 tahun kedepan dengan menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (Backpropagation) dengan pola data time series menggunakan perangkat lunak MATLAB. Tujuan dari dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelatihan JST dengan beberapa percobaan pada perubahan parameter seperti epoch, hidden layer, learning rate dan laju pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan untuk mendapatkan hasil prediksi energi listrik untuk 5 tahun ke depan. Selisih antara beban real dengan beban hasil prediksi dinyatakan dalam persentase. hasil terbaik untuk proses pengujian dan prediksi yaitu menggunakan hidden layer 30, epoch 100 dan learning rate 0.01 dengan laju pembelajaran traincgb dengan tingkatan error sekitar 23% dengan nilai MSE 0.00003323. Pada hasil prediksi energi listrik pada tahun 2020 – 2024 pemakaian energi listrik mengalami kenaikan yaitu pada tahun 2020 ke 2021 sebesar 15% pada tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 19% pada tahun 2023 mengalami kenaikan 11% dan pada tahun 2024 mengalami kenaikan 7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:42
Last Modified: 01 Aug 2022 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62957

Actions (login required)

View Item View Item