Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) DI PT. JATIM PROPERTINDO JAYA (TANJUNG BUTON, SIAK)

Muhamad Bakti Amin, - (2022) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) DI PT. JATIM PROPERTINDO JAYA (TANJUNG BUTON, SIAK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB I II III VI)
FILE LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV DAN BAB V).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENILITIAN (BAB IV DAN ATAU BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Bakti Amin (2022) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN BEHAVIOR BASED SAFETY (BBS) DI PT. JATIM PROPERTINDO JAYA (TANJUNG BUTON, SIAK) Penelitian ini dilakukan di PT. Jatim Propertindo Jaya yang mana perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan cangkang kelapa sawitdiperuntukkan untuk luar negeri, yang mana pemasarannya diangkut dengan menggunakan kapal melalui pelabuhan tanjung Buton. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut yaitu tingginya jumlah kecelakaan, adapun dengan tingginya jumlah kecelakaan mengakibatkan kerugian bagi karyawan dan perusahaan akibat kecelakaan kerja sehingga berkurangnya efektivitas produksi membuat perusahaan menjadi rugi. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk meminimalisir jumlah kecelakaan kerja di stasiun proses produksi dengan menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) dengan menganalisis tingkat resiko kecelakaan kerja dilihat dari tingkat kemungkinan (Probality), tingkat pendeteksian (Detection), dan tingkat keseriusan (severity), pada stasiun proses produksi di PT. Jatim Propertindo Jaya.dan metode Behavior Basaed Safety (BBS). Penelitiaan ini diawali dengan pengumpulan data jumlah kecelakaan dari tahun 2018-2020 kemudian dilakukan perhitungan dengan metode FMEA setelah mendapat nilai (Probality), Detection, dan severity, kemudian untuk menentukan rating tertinggi resiko kecelakaan kerja dengan diagram Pareto.Setelah mengetahui jumlah tertinggi resiko kecelakaan kerja selanjutnya untuk menimalisir kecelakaan kerja dengan metode Behavior Based Safety (BBS). Berdasarkan Analisa yang dilakukan,hasil dari perhitungan penilian nilai Severity, Probability, dan Detection diperoleh risiko kecelakaan tertinggi pertama dan kedua yaitu kurang enak badan atau demam dengan nilai risk priority number 80, ketiga truck tumbang tersenggol excavator 70, ke empat kebisingan area kerja 45 dan ke lima gangguan pernapasan sebesar 28.Berdasarkan perhitungan BBS (Behavior Based Safety) dengan metode DOIT untuk merubah perilaku aman karyawan ketika melakukan aktivitas dengan membuat dan menerapkan SOP K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja), melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada karyawan agar tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas, memasang display sign pada stasiun yang telah ditentukan ,membuat lembar CBC untuk menilai perilaku karyawan dalam beraktivitas untuk menimalisirkan kecelakaan. Kata Kunci :FMEA, BBS, DOIT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:18
Last Modified: 01 Aug 2022 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62953

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item