Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SD AN NAMIROH 3 PEKANBARU

SITI AISYAH, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SD AN NAMIROH 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Aisyah, (2022) : Penerapan Strategi Pembelajaran Point Counterpoint untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tematik Muatan Pelajaran PPKn di Kelas V SD An Namiroh 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD An Namiroh 3 Pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint. Analisis dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas dengan objek strategi pembelajaran Point Counterpoint dan keterampilan berbicara siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 31 siswa kelas V SD An Namiroh 3 Pekanbaru. Analisis dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Sumber data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil riset bahwa strategi pembelajaran Point Counterpoint dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dapat diketahui bahwa sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan berbicara siswa sebanyak 64,67% dalam kategori kurang baik. Setelah penelitian tindakan kelas dilaksanakan, pada siklus I persentase keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 70,56% dalam ketegori kurang baik. Kemudian pada siklus II keterampilan berbicara siswa kembali meningkat menjadi 81,53% dalam ketegori cukup baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Point Counterpoint dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V Sekolah Dasar An Namiroh 3 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Point Counterpoint, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:47
Last Modified: 02 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62935

Actions (login required)

View Item View Item