Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA TERINTEGRASI ISLAM

ARINA FITRIANI, - (2022) HUBUNGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA TERINTEGRASI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Arina Fitriani (2022): Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Terintegrasi Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa pada materi asam basa terintegrasi Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru cenderung hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga kurang dikembangkannya keterampilan proses sains siswa, hal ini berdampak terhadap pemahaman siswa. Keterampilan proses sains diduga berkaitan erat dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen dengan jenis penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar siswa pada materi asam basa terintegrasi Islam. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi Pearson Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki keterampilan proses sains yang tinggi dengan persentase sebesar 82%. Begitupun hasil belajar siswa juga menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki hasil belajar yang tinggi dengan persentase sebesar 76%. Analisis hubungan antara keterampilan proses dengan hasil belajar siswa menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan yaitu dengan indeks korelasi sebesar 0,784 dengan interpretasi hubungan dalam kategori kuat. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Asam Basa, Kimia Terintegrasi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 01 Aug 2022 05:31
Last Modified: 01 Aug 2022 05:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62924

Actions (login required)

View Item View Item