Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI SUHU DAN CAHAYA PADA GREENHOUSE MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC CONTROL PADA TANAMAN STROBERI

Dirmawan, Wido (2022) RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI SUHU DAN CAHAYA PADA GREENHOUSE MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC CONTROL PADA TANAMAN STROBERI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

[img]
Preview
Text
Skripsi Selain BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Greenhouse adalah sebuah metode pertanian di mana tanaman ditanam di dalam ruangan tertutup yang bertujuan untuk meningkatkan hasil panen. Namun karena di dalam ruang tertutup terdapat permasalahan terhadap kondisi suhu dan cahaya yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Mengatasi permasalahan tersebut maka dibuat sebuah sistem untuk memanipulasi keadaan di dalam ruangan sesuai kebutuhan tanaman dengan memanfaatkan Real Time Clock (RTC) dan LDR untuk mengendalikan cahaya, dan sensor DHT11 untuk mengendalikan suhu. Pada penelitian ini, dengan memanfaatkan data waktu yang dijaga RTC dan sensor LDR sudah dapat mengendalikan cahaya agar sesuai dengan setpoint tanaman stroberi yang dibutuhkan. Selanjutnya kendali fuzzy yang mendapatkan data input dari sensor DHT11 juga dapat mencapai nilai setpoint suhu17.1°C, pada nilai awal suhu 28.3˚C dan intensitas cahaya sebesar 13.987 lux dalam waktu 20 menit untuk suhu dan 19 menit untuk intensitas cahaya. Pengujian yang dilakukan selama 30 hari juga menunjukkan bahwa kendali fuzzy mampu menjaga dan menstabilkan nilai suhu dan intensitas cahaya serta menghasilkan pertumbuhan tanaman stroberi yang lebih baik dilihat dari daun hingga perkembangan sampai berbunga, jika dibandingkan dengan tanaman stroberi tanpa pengendali yaitu rata-rata tidak dapat tumbuh, bahkan layu dan mati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:24
Last Modified: 02 Aug 2022 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62911

Actions (login required)

View Item View Item