PENGEMBANGAN APLIKASI TERAPI MULTIMEDIA INTERAKTIF ANAK AUTIS DENGAN METODE LOVAAS (STUDI KASUS: SLB PERMATA BUNDA BUKITTINGGI)

Budi Yanto, (2011) PENGEMBANGAN APLIKASI TERAPI MULTIMEDIA INTERAKTIF ANAK AUTIS DENGAN METODE LOVAAS (STUDI KASUS: SLB PERMATA BUNDA BUKITTINGGI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201184-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Autisme adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan (not curable) namun dapat diterapi (treatable). Permasalahan yang sering muncul adalah dari tahun ketahun penyakit autisme ini semakin meningkat. Minimnya perangkat aplikasi multimedia interaktif untuk terapi serta mahalnya alat terapi tersebut, karena masih di impor dari luar. Untuk itulah dibangun suatu aplikasi multimedia interaktif anak autis dengan menggunakan metode lovaas. Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan Adobe Director 11.5 dan Flash. Tugas akhir ini melakukan analisa terhadap permasalahan terapi autisme yang mengacu pada kurikulum Applied Behavior Analysis (ABA) dan kurikulum pada Yayasan Permata Bunda. Aplikasi ini berdasarkan materi terapi untuk anak autis yang terdiri dari games pemula dan tingkat lanjut. Setelah dilakukan pengujian dengan metode blackbox dan user acceptance test, output yang dihasilkan dari aplikasi ini sesuai dengan analisa dan perancangan sehingga membantu untuk terapi anak autis pada Yayasan Permata Bunda Bukittinggi. Kata Kunci : Autisme, Applied Behavior Analysis (ABA), Multimedia, Metode Lovaas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 11 Jan 2016 08:54
Last Modified: 11 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item