Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Strategi Pemasaran Produk Mie Kuning Pada Usaha Mie Musbar Di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”

Syafitri Wulandari, - (2022) Analisis Strategi Pemasaran Produk Mie Kuning Pada Usaha Mie Musbar Di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

ABSTRAK Syafitri Wulandari (2022): “Analisis Strategi Pemasaran Produk Mie Kuning Pada Usaha Mie Musbar Di Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi berdasarkan kepada fenomena yang terdapat pada Usaha Mie Musbar yaitu adanya penurunan pada volume penjualannya, penulis menduga hal tersebut diakibatkan oleh strategi pada pemasarannya. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk mie kuning yang diterapkan oleh Usaha Mie Musbar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam pemasaran produk mie kuning pada Usaha Mie Musbar dan untuk mengetahui strategi pemasaran pada Usaha Mie Musbar yang ditinjau menurut ekonomi syariah. Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Mie Musbar yang terletak di Jl. Rajawali No. 11 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer yaitu menggunakan wawancara dan data sekunder yaitu menggunakan data yang berasal dari buku, skripsi, jurnal dan dokumen laporan yang berkaitan dengan masalah penelitian yang diteliti. Penelitian ini menggunakan informan penelitian sebanyak 5 orang yaitu terdiri dari 1 orang sebagai informan kunci (pimpinan), 4 orang lainnya sebagai informan pendukung (konsumen). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pada Usaha Mie Musbar telah menerapkan strategi bauran pemasaran yang menggunakan variabel 4P yaitu Product (Produk) yaitu barang yang dibuat atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu, Price (Harga) yaitu sejumlah uang yang dibayar konsumen untuk barang yang dinikmatinya, Place (Tempat) yaitu tempat suatu usaha atau aktivitas perusahaan beroperasi dan melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang, dan penjualan barang dan Promotion (Promosi) yaitu suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk menyebar luaskan informasi mengenai produk yang dihasilkan melalui pemakian unsur bauran pemasaran. Kelemahan yang terjadi pada Usaha Mie Musbar terletak pada strategi harga dan promosinya yang kurang maksimal yang mengakibatkan terjadinya penurunan pada volume penjualannya. Adapun ditinjau dari ekonomi syariah bahwa Usaha Mie Musbar telah menerapkan strategi bauran pemasaran sesuai syariah. Kata Kunci: Product, Price, Place, Promotion, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:13
Last Modified: 29 Jul 2022 09:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62885

Actions (login required)

View Item View Item