Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia flash 8 pada Materi Kubus dan Balok Kelas 5 SD Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

GUSTINA SIANIPAR, - (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia flash 8 pada Materi Kubus dan Balok Kelas 5 SD Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gustina Sianipar (2022): Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia flash 8 pada Materi Kubus dan Balok Kelas 5 SD Negeri 015 Palung Raya Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 pada kubus dan balok serta mendeskripsikan respon siswa dan respon guru terhadap multimedia interakif berbasis macromedia flash 8 pada materi kubus dan balok. Penelitian ini dilatarbelakangi pandemi covid-19 yang berdampak kepada sistem pendidikan di Indonesia, yang dimana sistem belajar berubah. Karena perubahan tersebutlah guru membutuhkan media yang dpat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah 15 orang siswa kelas V SD Negeri 015 Palung Raya tahun ajaran 2021/2022 dan objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 pada materi kubus dan Balok. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar validasi dan angket. Lembar validasi yang diberikan kepada ahli media untuk menguji kevalidan dan angket diberikan kepada ahli materi untuk menguji kepraktisan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 pada materi kubus dan balok. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada kubus dan balok kelas V SD Negeri 015 Palung Raya khusus produk akhir yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata dari penilaian ahli media 91,6% dan ahli materi 100% dalam kategori sangat layak. Kemudian hasil respon pendidik dan peserta didik memperoleh 91,2% dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi kriteria praktis. Kesimpulannya multimedia berbasis Macromedia Flash 8 pada materi jaring-jaring kubus dan balok telah layak untuk diujicobakan. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Macromedia Flash, Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:28
Last Modified: 29 Jul 2022 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62868

Actions (login required)

View Item View Item