Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA HAMIL SEBELUM NIKAH DITINJAU DARI HUKUM ISLAM : ANALISIS PENERAPANNYA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

AMRIZAL, AL (2022) PROBLEMATIKA HAMIL SEBELUM NIKAH DITINJAU DARI HUKUM ISLAM : ANALISIS PENERAPANNYA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Thesis thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
amrizal.pdf

Download (45MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV amriza.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang problematika hamil sebelum nikah yang terjadi di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana sepanjang tahun 2021 terdapat 15 pasang calon pengantin yang sudah hamil sebelum mereka melakukan akad nikah secara sah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan empiris. Tempat atau lokasi dalam penelitian ini adalah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Informan dalam penelitian ini adalah pihak KUA yang berjumlah 4 (empat) orang dengan metode analisa data yang digunakan adalah analisa data secara deskriptif kualitatif yaitu metode observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses nikah pasangan yang hamil sebelum akad, alasan pihak KUA menikahkan mereka, dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap tindakan pihak KUA tersebut. Hasil dari penelitian ini pertama, prosesi menikahkan pasangan calon pengantin yang sudah hamil sebelum nikah ini secara umum sama dengan calon pasangan pengantin pada umumnya, hanya saja yang membedakan adalah pada saat bimbingan perkawinan. Dimana mereka diberikan bimbingan khusus, diberikan nasehat untuk bertaubat atas perbuatannya, kemudian diberikan materi fikih terkait dampak yang didapatkan kemudian hari setelah nanti anak yang dikandung lahir. Kedua, ada 4 (empat) alasan pihak KUA Tebing Tinggi menikahkan pasangan yang sudah hamil yaitu karena adanya kemaslahatan, berpedoman pada Kompilasi Hukum Islam, karena permintaan keluarga, dan karena adanya rasa kasihan atau simpati. Ketiga, dari hasil analisis terhadap alasan pihak KUA Kecamatan Tebing Tinggi menikahkan pasangan calon pengantin yang sudah hamil sebelum nikah tiga alasan bisa diterima karena sesuai dengan Hukum Islam dan satu alasan kurang tepat karena tidak sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:48
Last Modified: 29 Jul 2022 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62835

Actions (login required)

View Item View Item