Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDIT AL-MARHAMAH KAMPUNG DALAM PADANG PARIAMAN

YOVITA SARI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDIT AL-MARHAMAH KAMPUNG DALAM PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Yovita Sari (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match nntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas IV SD IT Al-Marhamah Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran tematik tema cita-citaku dikelas IV SDIT Al-marhamah pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa tidak memperhatikan guru menyampaikan materi pembelajaran, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, siswa tampak tidak bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, siswa keluar masuk kelas selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis data deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh dengan persentase sebesar 38% atau berada pada kategori Rendah. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 57% dengan kategori Sedang. Pada siklus II motivasi belajar siswa menjadi meningkat mencapai 77% dengan kategori Tinggi, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah dittetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Make A Match, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:49
Last Modified: 29 Jul 2022 08:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62825

Actions (login required)

View Item View Item