Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR TERHADAP PENINGKATAN UMKM MASYARAKAT DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Cabang Kecamatan Pujud)

CICI MARIA ULFA, - (2022) PERAN PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR TERHADAP PENINGKATAN UMKM MASYARAKAT DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Cabang Kecamatan Pujud). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI CICI MARIA ULFA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Cici Maria Ulfa 117205224 : “Peran PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Terhadap Peningkatan UMKM Masyarakat Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Cabang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir)” PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan kepada wanita prasejahtera penggiat usaha mikro, baik yang ingin memulai usaha yang baru atau yang sudah mempunyai usaha dan ingin mengembangkan usahanya. Dalam program tersebut, secara umum dapat meningkatkan UMKM masyarakat khususnya yang menjadi nasabahnya. Namun dalam hal ini, terdapat suatu permasalahan yaitu sebagian masyarakat yang sudah menjadi nasabahnya justru UMKM tidak meningkat sehingga tidak ada perubahan dalam kehidupan ekonominya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar dalam meningkatkan UMKM masyarakat di Kecamatan Pujud dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar dalam meningkatkan UMKM masyarakat di Kecamatan Pujud. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan, karyawan dan nasabah pada PT PNM Mekaar cabang Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 2892 orang. Sehingga pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner (angket) dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Serta teknik penulisan menggunakan teknik induktif dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini bahwa PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sangat perperan dalam meningkatkan UMKM masyarakat, karena masyarakat yang sudah menjadi nasabah dapat mengembangkan usaha dan dapat membuka usaha baru. Peran PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam peningkatan UMKM masyarakat adalah PT PNM terhadap peningkatan perekonomian yaitu sebagai fasilitator memberikan pinjaman modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan memberikan modal untuk nasabah yang baru hendak membuka usaha. Sedangkan tinjauan ekonomi islam PT Permodalan Nasional Madani dalam meningkatkan UMKM masyarakat adalah diperbolehkan, karena pada program pinjaman bantuan modal tersebut merupakan pinjaman produktif bukan konsumtif, dimana pinjaman tersebut digunakan untuk mengembangkan dan membuka usaha. Kata kunci: Peran, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar, Peningkatan UMKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:01
Last Modified: 29 Jul 2022 05:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62823

Actions (login required)

View Item View Item