Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TERM DAKWAH DALAM AL-QUR’AN DAN PENAFSIRANNYA PERSPEKTIF MUFASSIR DI NUSANTARA (STUDI KOMPARATIF TAFSIR CORAK ADABIY WA AL-IJTIMA’I)

NADIA AGITA, - (2022) TERM DAKWAH DALAM AL-QUR’AN DAN PENAFSIRANNYA PERSPEKTIF MUFASSIR DI NUSANTARA (STUDI KOMPARATIF TAFSIR CORAK ADABIY WA AL-IJTIMA’I). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADIA AGITA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Term Dakwah dalam Al-Qur‟an dan Penafsirannya Perspektif Mufassir di Nusantara (Studi Komparatif Tafsir Corak Al-Adabiy wa al Ijtima‟i)”. Di dalam Al-Qur‟an banyak ditemukan kata-kata yang menjelaskan tentang dakwah, dan ini menunjukkan betapa pentingnya dakwah sehingga Allah SWT memberikan pengulangan sampai berkali-kali. Term dakwah merupakan kumpulan kata didalam Al-Qur‟an dimana mengandung isi berupa ajakan, seruan, panggilan kepada seluruh manusia untuk mengikuti jalan Allah SWT, guna tercapainya kebahagiaan baik di dunia maupun akhirat. Dakwah memberikan posisi yang tinggi serta memiliki peran penting terhadap kemajuan serta kejayaan Islam. Berbagai faktor yang di alami dengan kemajuan di Era modern yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada kegiatan dakwah dengan beragam informasi yang masuk begitu cepat yang tak dapat dibendung. Disinilah umat Islam harus lebih bijak untuk menyaring beragam informasi tersebut yang sekiranya bertentangan dengan norma Islam. Maka disini penulis menganggap perlunya memahami term dakwah dengan merujuk pada pandangan serta konsep dakwah menurut para Mufassir Nusantara yakni M. Quraish Shihab, Hasbi Ash-Shiddieqy dan Hamka. Kemudian mengambil lima ayat tentang term dakwah sebagai objek penelitian. Dalam penelitian ini,penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode muqaran (Komparatif) dengan menganalisa perbandingan baik dari segi persamaan maupun perbedaan mufassir Nusantara dalam menafsirkan terkait term dakwah. Adapun hasil dalam penelitian ini ialah masingmasing ulama Tafsir Nusantara sepakat dalam memberikan pandangan terkait term dakwah yang relevan pada Era modern bahwa didalam berdakwah hendaknya memahami ilmu pengetahuan secara luas, memahami situasi, kondisi serta madzhab yang sedang digunakan pada suatu masyarakat yang sekiranya bertentangan, agar dakwah yang disampaikan tidak menimbulkan kekeliruan dan kesalahpahaman diantara masyarakat. Dan tidak lupa untuk menggunakan metode dakwah yang terdapat didalam term yang berkaitan dengan dakwah sebagai strategi dalam mencegah perbuatan amar ma‟ruf nahi munkar. Kata Kunci : Term Dakwah, Mufassir Nusantara, Studi Komparatif, Corak al- Adabiy wa al-Ijtima‟i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:08
Last Modified: 29 Jul 2022 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62815

Actions (login required)

View Item View Item