Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DI KELAS V MI TUNAS CENDIKIA MUSLIM PEKANBARU

SYAMSIAR SARAGIH, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DI KELAS V MI TUNAS CENDIKIA MUSLIM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Syamsiar Saragih, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema benda-benda disekitar kita kelas V MIS tunas cendikia Muslim Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada tema benda benda disekitar kita melalui penerapan model think pair share kelas V MIS Tunas Cendikia muslim pekanbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa diantara pembagian tugas siswa dalam tim tidak merata dan kurangnya kontribusi dalam pembelajaran kelompok.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas VB MIS tunas cendikia muslim pekanbaru. Sedangkan objek didalam penelitian ini model think pair share dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian inni adalah observasi,, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh presentesi kemampuan kerjasama siswa mencapai 45% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I,kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 71% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 82% yang berada pada rentang 70-89% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model think pair share dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa pada tema benda-benda di sekitar kita di kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Swasta Tunas Cendikia Muslim Pekanbaru. Kata kunci: penerapan, model think pair share, kemampuan kerjasama siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:39
Last Modified: 29 Jul 2022 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62803

Actions (login required)

View Item View Item