Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM MONITORING RUANG SERVER BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN ANDROID DAN NODEMCU ESP8266 (STUDI KASUS: PTIPD UIN SUSKA RIAU)

MUHAMMAD FADLI S., - (2022) SISTEM MONITORING RUANG SERVER BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN ANDROID DAN NODEMCU ESP8266 (STUDI KASUS: PTIPD UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FADLI S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ruang server adalah ruang penyimpanan untuk peralatan komputer jaringan yang berfungsi untuk mengelola manajemen sistem informasi pada suatu institusi maka diperlukan suatu monitoring yang baik suhu dan kelembapan. Sistem monitoring ruang server PTIPD yang digunakan saat ini belum ada periwayatan suhu dan kelembapan. Permasalahan juga muncul pada admin ruang server yang tidak selalu berada di ruang server. Penelitian ini bertujuan untuk memonitoring suhu dan kelembapan pada ruangan secara realtime dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menggunakan tiga node yang diletakkan di tiga titik ruang server. Satu node meliputi NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler, sensor DHT22 sebagai sensor suhu dan kelembapan dan modul waktu RTC DS3231 sebagai pewaktu untuk pengiriman data ke database. Pada bagian smartphone menggunakan aplikasi android yang dirancang untuk melihat grafik periwayatan suhu dan kelembapan yang diperoleh dari server database dan aplikasi telegram sebagai notifikasi kepada pengguna apabila terjadi keadaan tidak normal pada ruang server. Dalam implementasi selama sepekan diperoleh suhu ruang server tinggi terjadi antara pukul 23.50 - 02.20. Untuk suhu ruang server rendah terjadi antara pukul 16.30 – 21.30 dan 10.50 – 14.10. Kelembapan tinggi terjadi antara pukul 16.20 – 21.00 dan kelembapan rendah terjadi antara pukul 00.10 – 02.17. Sistem monitoring ini dapat berjalan dengan baik setelah diimplementasikan ke ruang server PTIPD. Kata Kunci : Monitoring, Ruang Server, NodeMCU ESP8266, DHT22, Android, Telegram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:42
Last Modified: 29 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62787

Actions (login required)

View Item View Item