Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya.

Alrazyla Sepira Washfa, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGKAN PDF.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alrazyla Sepira Washfa (2022): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan bahan ajar yang belum mendukung proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk menjadikan pembelajaran menyenangkan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini adalah penelititian pengembangan (Research and development) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall. Tahap-tahap penelitian ini adalah 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk; 4) uji coba terbatas; 5) revisi; 6) uji lapangan; 7) penyempurnaan produk akhir. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari lembar angket validasi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kebahasaan, penilaian kepraktisan yaitu menggunakan lembar angket praktikalitas terhadap LKPD, dan penilaian uji coba kelompok kecil menggunakan lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD. Adapun validitas LKPD yaitu nilai rata-rata berjumlah 91% yang didapat dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kegrafikaan, dan kebahasaan dengan kriteria sangat valid untuk digunakan. Dan nilai rata-rata dari praktikalitas LKPD yaitu 83% dengan kriteria sangat baik dan nilai rata-rata dari respon peserta didik yaitu 96,67% dengan krieria sangat baik. Hasil penelitian ini berupa produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, yang mana isi LKPD sesuai dengan langkah-langkah inkuiri terbimbing yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, analisis data, dan kesimpulan. Kata kunci: LKPD, inkuiri terbimbing, interaksi makhluk hidup dengan lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:24
Last Modified: 29 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62784

Actions (login required)

View Item View Item