Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP.

Nur Ningsih Putri Amelia, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, DEKAN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NINGSIH FIX.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Ningsih Putri Amelia (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) yang valid, praktis, dan efektif pada materi statistika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMPN 3 Bagan Sinembah pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah validator serta siswa kelas VIII SMPN 3 Bagan Sinembah. Objek penelitian adalah LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) pada materi statistika. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar posttest. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 88,9%, dan sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 85,22% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persetase 83,67%. Selanjutnya untuk efektifitas LKS diperoleh yaitu dengan dk = 24 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen (82,6) lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kelas kontrol (54,64). Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah dapat dikatan efektif. Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE), Statistika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:49
Last Modified: 29 Jul 2022 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62777

Actions (login required)

View Item View Item