IHDA ROUDHOTUL JANNAH, - (2022) PERSEPSI SHADOW TEACHER DAN GURU REGULER TENTANG KOLABORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
BAB IV TESIS IHDA ROUDHOTUL JANNAH.pdf Download (817kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS IHDA ROUDHOTUL JANNAH TANPA BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
IHDA ROUDHOTUL JANNAH(2022) : PERSEPSI SHADOW TEACHER DAN GURU REGULER TENTANG KOLABORASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN INKLUSI DI KOTA PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi shadow teacher dan guru reguler tentang kolaborasi dan dampaknya terhadap pelayanan pendidikan inklusi di Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini berjumlah empat orang shadow teacher dan empat orang guru reguler. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber yaitu guru bimbingan konseling (BK). Pemeriksaan analisis data tediri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi shadow teacher dan guru reguler tentang kolaborasi adalah positif dengan mengatakan bahwa kolaborasi itu merupakan kerjasama dan perpaduan. Kolaborasi itu sangat penting, jika tidak terjadi kolaborasi maka satu sama lainnya akan merasa kesulitan dalam mencapai tujuan. Namun, shadow teacher dan guru reguler belum maksimal dalam melakukan kolaborasi, hal ini karena adanya faktor kendala seperti jadwal guru reguler yang padat, materi guru reguler yang padat sehingga tidak mempunyai waktu khusus dalam menangani anak berkebutuhan khusus dan menurut guru reguler shadow teacherlah yang lebih faham tentang karakter anak berkebutuhan khusus karena basic pendidikan tamatan sarjana psikologi. Dampak adanya pelayanan pendidikan inklusi terhadap anak berkebutuhan khusus, shadow teacher, guru reguler dan orangtua anak berkebutuhan khusus berdampak pada aspek sosial dan psikologis. Kata Kunci : Persepsi, shadow teacher, guru reguler, kolaborasi, pendidikan inklusi
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi-S2 |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:14 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62772 |
Actions (login required)
View Item |