Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF IMPULSIVE BUYING (BELANJA IMPULSIF) MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

MUFIDAH ADZKIYA, - (2022) ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF IMPULSIVE BUYING (BELANJA IMPULSIF) MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

ABSTRAK Mufidah Adzkiya, (2022): Analisis Perilaku Konsumtif Impulsive Buying (Belanja Impulsif) Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Setiap individu tentu saja memiliki kebutuhan masing-masing dan mereka mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang berbeda. Ada yang memenuhi kebutuhan secara wajar, dan ada yang berlebihan.Banyaknya persediaan barang yang melimpah dan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, sehingga banyaknya pilihan membuat masyarakat untuk tertarik dan mengonsumsi barang tersebut.Masyarakat bersaing untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka, bahkan sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan utama pun dipaksa untuk terpenuhi karena adanya keinginan yang kuat untuk memiliki atau mengkonsumsi.Perilaku konsumtif ini cenderung ditemui pada kalangan remaja. Remaja merupakan target pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik remaja yang cenderung labil dan mudah dipengaruhi. Hal itu mendorong munculnya berbagai gejala perilaku konsumsi yang tidak wajar, seperti membeli suatu barang yang bukan atas dasar kebutuhannya.Remaja juga cenderung selalu ingin memiliki barang-barang dan berlebihan dalam berkonsumsi.Sikap yang berlebihan ini lah yang dikatakan perilaku konsumtif. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perilaku konsumtif impulsive buying yang terjadi dikalangan mahasiswa ekonomi syariah serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap perilaku konsumtif.Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif.Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 yang berjumlah 25 orang.Teknik pwngumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2018 berada pada konsumtif yang cukup rendah, mereka tidak membeli produk karena iming-iming, tidak juga membeli barang karena kemasan menarik, membeli barang atas pertimbangan harga sehingga tidak memaksakan ekonomi, walaupun mereka mencoba lebih dari dua produk yang sejenis sebagai koleksi, namun itu masih bisa dikontrol. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Impulsive Buying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:34
Last Modified: 29 Jul 2022 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62731

Actions (login required)

View Item View Item