Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMILIHAN AKAD PEMBIAYAAN PERMODALAN TERBAIK UNTUK UMKM PERTANIAN TANAMAN PANGAN DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS - AHP

YUDHA PRADANA, - (2022) PEMILIHAN AKAD PEMBIAYAAN PERMODALAN TERBAIK UNTUK UMKM PERTANIAN TANAMAN PANGAN DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS - AHP. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG(1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yudha Pradana (2022):“Pemilihan Akad Pembiayaan Permodalan Terbaik Untuk UMKM Pertanian Tanaman Pangan Dengan Analytical Hierarchy Process – AHP” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita bahwa Provinsi Riau hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan utama berupa beras rata-rata 20% - 30% per tahun. Rendahnya jumlah produksi beras dari petani tidak mampu mencukupi kebutuhan penduduk Riau, sehingga setiap tahun Provinsi Riau mengalami defisit pangan, dilain sisi pendapatan petani pun relatif rendah. Pembiayaan merupakan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan produksivitas dan kesejahteraan petani. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model akad pembiayaan terbaik di UMKM sektor pertanian tanaman pangan berdasarkan AHP, mengidentifikasi model akad pembiayaan terbaik untuk UMKM sektor pertanian berdasarkan prinsip ekonomi Islam, dan memberikan rekomendasi akad pembiayaan terbaik yang dapat dipilih dan diimplementasikan pada pembiayaan UMKM sektor pertanian tanaman pangan. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kombinasi kuantitatif dan kualitatif, bersifat aplikasi ilmu (applied) dan dengan menggunakan alat bantu decision support system berupa Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah responden pakar bejumlah lima orang yang tinggal di Pekanbaru, sebagai praktisi yang ahli dan memiliki pengalaman di bidangnya, peneliti juga mencoba mengaplikasikan konsep bay salam bekerjasama dengan kelompok tani di Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Provinsi Riau Kata Kunci: Akad Pembiayaan Permodalan, UMKM Pertanian Tanaman Pangan dan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:42
Last Modified: 29 Jul 2022 01:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62682

Actions (login required)

View Item View Item