Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTSN SE-PEKANBARU

GUSMA AFRIANI, - (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTSN SE-PEKANBARU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FIL LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

GUSMA AFRIANI (2022) : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU AKIDAH AKHLAK UNTUK MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTSN SE-PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan desain model pengembangan pembelajaran terpadu di MTsN se-Kota Pekanbaru, serta membuat terobosan baru tentang produk desain model konsep pengembangan pembelajaran terpadu untuk tingkat MTs. Maka untuk mendapatkan itu semua, peneliti menggunakan metode penelitian research and development atau metode R and D, dengan proses kerja dimulai dengan mengetahui Potensi dan Masalah, Mengumpulkan informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk dan Pembuatan produk massal. Sampelnya MTs N 1 Kota Pekanbaru, MTs N 2 Kota Pekanbaru dan MTs N 3 Kota Pekanbaru, dengan mendapatkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelakasanaan pembelajaran di MTsN sudah berjalan dengan baik dengan desain model pembelajaran terpadu K13. Lalu untuk mencapai kemaksimalan agar pelajaran akidah akhlak dapat membentuk kepribadian yang agamis, Islami dan religi, maka peneliti menawarkan konsep desain model pengembangan pembelajaran terpadu pelajaran akidah akhlak yang bermuara dari teori Islam, Iman dan Ihsan, sesuai konteks dalam hadis Muslim No. 9, sehingga diberi nama dengan istilah desain model pembelajaran terpadu Ushul al-Tsalasah fi al-Din.setelah melalui sepuluh proses dalam penelitian model pengembangan, maka diperoleh hasil positif, maksimal dan relevan,sehingga model ini lebih banyak memiliki keunggulan daripada keterbatasannya. Dengan filosofis desain model diawali dengan pendalaman hakikat Islam dalam pelajaran akidah akhlak, kemudian merenungi hakikat Iman dalam pelajaran akidah akhlak serta mentadabbburi hakikat Ihsan dalam pelajaran akidah akhlak. Maka tiga dasar makna ini akan menghunjam jiwa dan hati peserta didik (siswa) sehingga mengeluarkan dorongan terbentukkan kepribadian yang Islami, religi dan agamis. Kata Kunci: Pengembangan Model, Pembelajaran T

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:18
Last Modified: 29 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62678

Actions (login required)

View Item View Item