Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR FESES KAMBING

RIZKY HIDAYAT, - (2022) PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR FESES KAMBING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

RIZKY HIDAYAT (2022) : PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR FESES KAMBING Rumput odot merupakan jenis rumput unggul karena produktivitas dan kandungan zat gizi cukup tinggi. Pupuk organik cair (POC) adalah pupuk yang bahan dasarnya berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mengalami fermentasi dan bentuk produknya berupa cairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pupuk organik cair (POC) feses kambing terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput odot yang meliputi pada tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun (helai), produksi berat segar dan produksi berat kering. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 sampai Januari 2022 di Jalan Garuda Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan luas lahan 12,8 m x 11.6 m. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok. Perlakuan terdiri dari P0 (tanpa pupuk organik cair + 5 liter air), P1 (pupuk organik cair 200 mL + 5 liter air), P2 (pupuk organik cair 250 mL + 5 liter air) dan P3 (pupuk organik cair 300 mL + 5 liter air). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis 0 - 300 mL POC yang dilarutkan dalam 5 liter air memberikan pengaruh nyata (P<0.05) terhadap tinggi tanaman (cm), panjang daun (cm), dan jumlah daun (helai), serta memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap lebar daun (cm), berat segar (g) dan berat kering (g) rumput odot. Dapat disimpulkan bahwa pemberian dosis 300 mL POC feses kambing yang dilarutkan dalam 5 liter air memberikan hasil terbaik untuk peningkatan tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar dan berat kering rumput odot. Kata Kunci : Feses Kambing, Pertumbuhan, Produksi, Pupuk Organik Cair. Rumput Odot, Tanah Gambut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:13
Last Modified: 29 Jul 2022 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62670

Actions (login required)

View Item View Item