Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI JERUK MANIS DI DESA DAYANG SURI KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK

NOVVY ASRONI, - (2022) UPAYA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI JERUK MANIS DI DESA DAYANG SURI KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

NOVVY ASRONI (2022) : UPAYA LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM MEMBERDAYAKAN PETANI JERUK MANIS DI DESA DAYANG SURI KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya yang disengaja untuk memfasilitasi masyarakat lokal dalam merencanakan, merumuskan dan mengelola sumberdaya lokal yang dimiliki melalui collective action dan networking sehingga pada akhirnya mereka memiliki kemampuan dan kemandirian secara ekonomi, ekologi, dan sosial. Dalam pengertian yang lebih luas, pemberdayaan masyarakat merupakan proses untuk memfasilitasi dan mendorong masyarakat agar mampu menempatkan diri secara proporsional dan menjadi pelaku utama dalam memanfaatkan lingkungan strategisnya untuk mencapai suatu kebelanjutan dalam jangka panjang. Ketidakberdayaan petani timbul akibat belum maksimalnya penggunakan sarana produksi secara efisien. Ketidakberdayaan juga timbul akibat belum tercapainya target petani dalam memasarkan hasil produksi pertanian, menciptakan produk baru dari hasil pertanian. Melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang berkoordinasi dengan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa Dayang Suri, berpotensi dapat melakukan pemberdayaan dan proses pembelajaran untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Didalam proses pemberdayaan petani jeruk manis diperlukan partisipasi masyarakat petani untuk mendorong terjadinya aktivitas pemberdayaan. Masyarakat merupakan pemeran utama untuk mencapai tujuan bersama dalam pemberdayaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat upaya kegiatan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam memberdayakan petani jeruk. Metode penelitian yang digunakan ialah analisa deskriptif kualitaif, data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsug. Informan pada penelitian ini terdiri dari sembilan orang. Hasil penelitian menunjukan adanya upaya kegiatan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang berfokus berdasarkan tiga indikator yakni penyadaran, transformasi, dan peningkatan pengetahuan. Kata Kunci : Upaya, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pemberdayaan petani jeruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:47
Last Modified: 29 Jul 2022 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62664

Actions (login required)

View Item View Item