Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS SEGMENTASI ANGGOTA MENGGUNAKAN MODEL LRFM PADA UNIT DAGANG BUMDES GEMILANG

RISKY DWI NURROHMAN, - (2022) SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS SEGMENTASI ANGGOTA MENGGUNAKAN MODEL LRFM PADA UNIT DAGANG BUMDES GEMILANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

RISKY DWI NURROHMAN (2022) : SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS SEGMENTASI ANGGOTA MENGGUNAKAN MODEL LRFM PADA UNIT DAGANG BUMDES GEMILANG Pelanggan merupakan asset yang berharga bagi jalannya suatu bisnis atau usaha. Dalam pelaksanaannya ada dua jenis pelanggan, yaitu pelanggan loyal dan pelanggan tidak loyal. Menentukan pelanggan mana yang loyal dengan bisnis suatu perusahaan, bukanlah hal yang mudah. Dengan berbagai jenis karakter yang berbeda disetiap pelanggan, diperlukan suatu pendekatan antara bisnis dengan pelanggannya. Salah satu sarana perusahaan untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan para stakeholder maupun share holder-nya adalah dengan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM). Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu sistem informasi penjualan berbasis segmentasi anggota menggunakan model LRFM. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall dengan pendekatan Webview. Penelitian ini menggunakatan 220 data, yang diambil dari data transaksi tahun 2020 di unit dagang BUMDes Gemilang. Data tersebut digunakan untuk proses pengujian sistem. Hasil penelitian berupa sistem informasi penjualan berbasis segmentasi anggota. Berdasarkan pengujian Blackbox Testing dan User Acceptance Test (UAT), sistem dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Dengan adanya sistem ini memudahkan admin untuk mengelola data transaksi untuk menentukan anggotanya yang loyal dibidang bisnis unit dagang. Kata Kunci: BUMDes, CRM, Segmentasi, LRFM, Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:54
Last Modified: 29 Jul 2022 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62656

Actions (login required)

View Item View Item