Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

WELAHARMY SAPARINGGA, - (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

ABSTRAK Welaharmy Saparingga (2022). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau Perspektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakngi oleh perilaku mahasiswa Ekonomi Syariah dalam kebiasaannya berbelanja online, dengan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian online pada mahasiswa Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasisa Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah promosi, harga, kemudahan akses, dan gaya hidup. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian secara online. Sampel penelitian berjumlah 88 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0.466 < 1,992), variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,980 > 1,992), variabel kemudahan akses tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,456 < 1,992), variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,045 > 1,992). Sementara secara simultan, variabel promosi, harga, kemudahan akses, dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online denga nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yakni 30,600 > 2,48. Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah, promosi sudah sesuai dengan konsep syariah dengan melakukan promosi yang tidak berlebihan. Penetapan harga sudah sesuai dengan konsep harga dalam Islam yakni menawarkan harga-harga produk yang lebih terjangkau dan terdapat kesesuaian harga dengan manfaat produ. Pada variabel kemudahan akses, toko online sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah. Sementara gaya hidup mahasiswa prodi ekonomi syariah belum sepenuhnya syariah karena dalam berbelanja online, mereka cenderung membeli sesuatu atas keinginan semata dan mengikuti tren yang ada, tetapi belum tentu menjadi kebutuhannya. Kata kunci: Promosi, Harga, Kemudahan Akses, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian Secara Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:00
Last Modified: 29 Jul 2022 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62654

Actions (login required)

View Item View Item