Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SAWAHLUNTO SIJUNJUNG NOMOR 2 TAHUN 2003 TENTANG BERPAKAIAN MUSLIM DAN MUSLIMAH DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung)

ELLIN ASMING, - (2022) PENERAPAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SAWAHLUNTO SIJUNJUNG NOMOR 2 TAHUN 2003 TENTANG BERPAKAIAN MUSLIM DAN MUSLIMAH DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELLIN ASMING.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ellin Asming, (2022): Penerapan Peraturan daerah Kabupaten Sawah lunto Sijunjung No 2 tahun 2003 Tentang Berpakaian Muslim dan Muslimah Dalam Persfektif Fiqh Siyasah. (Studi Di Nagari Kampung Dalam Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung). Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan berpakaian muslim dan muslimah, sebagaimana yang disebutkan dalam peraturan daerah no 2 tahun 2003 tentang berpakaian muslim dan muslimah, merupakan salah satu perwujudan dan pelaksanaan ajaran agama yang hukumnya adalah wajib, serta dalam upaya mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa. Sedangkan dalam penerapannya sudah terlaksana namun belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang mengenakan pakaian dengan berbagai macam cara tanpa mempertimbangkan nilai keislaman, dan semakin jauhnya dari nilai-nilai filosofi adat. Mereka kurang memahami cara berbusana yang sesuai dengan syariat islam dalam kehidupan mereka sehari-sehari, sehinga mereka berbusana namun belum sesuai dengan syariat islam. Adapun rumasan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimana penerapan peraturan daerah no 2 tahun 2003 tentang bepakaian muslim dan muslimah, dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan peraturan daerah no 2 tahun 2003 tentang berpakaian muslim dan muslimah. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah kualitatif, kemudian dalam populasi dan sampel dengan motede purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi diketahui bahwa penerapan peraturan daerah no 2 tahun 2003 tentang berpakain muslim dan muslimah di Nagari Kampung Dalam kurang maksimal jika ditinjau dari persfektif fiqh siyasah dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang ilmu agama, kurangnya iman, kuranya kesadaran dan mengikuti trend mode perkembangan zaman. Kata kunci: Fiqh Siyasah, Peraturan Daerah, Berpakaian muslim dan muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2022 09:11
Last Modified: 28 Jul 2022 09:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62651

Actions (login required)

View Item View Item