Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) PADA LAHAN GAMBUT YANG DIBERI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) FESES JANGKRIK DENGAN DOSIS PELARUT AIR YANG BERBEDA

PASAK PARULIAN SIREGAR, - (2022) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) PADA LAHAN GAMBUT YANG DIBERI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) FESES JANGKRIK DENGAN DOSIS PELARUT AIR YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)

Abstract

PASAK PARULIAN SIREGAR (2022) : RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum Cv. Mott) PADA LAHAN GAMBUT YANG DIBERI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) FESES JANGKRIK DENGAN DOSIS PELARUT AIR YANG BERBEDA Rumput odot merupakan jenis rumput unggul yang memiliki produktivitas yang tinggi dan kandungan nutrisi yang cukup baik. Kotoran jangkrik merupakan salah satu limbah yang dihasilkan oleh ternak jangkrik yang memiliki potensi yang besar sebagai pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan produktivitas Rumput odot (Pennisetum purpurium Cv. Mott) pada lahan gambut dengan pelarut air yang berbeda dalam pupuk organik cair (POC) berbahan feses jangkrik. Penelitian ini di laksanakan selama 4 bulan. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 3 kelompok. Perlakuan terdiri dari PO (tanpa penambahan POC feses jangkrik), dan P1 (1 L POC + 2 L air), P2 (1 L POC+ 4 L air) dan P3 (1 L POC + 6 L air). Perameter yang diamati yaitu pertambahan tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, jumlah daun, berat segar dan berat kering. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1 L POC yang dilarutkan dalam 2-6 L air tidak memberikan pengaruh nyata (P>0.05) terhadap tinggi tanaman, panjang daun, lebar daun, berat segar dan berat kering rumput odot dan pemberian 1 L POC yang dilarutkan dalam 4 L air (P2) mempunyai jumlah daun yang nyata (P<0.05) lebih banyak dari PO, P1 dan P3 pada saat pemanenan 5 minggu setelah pemangkasan. Dapat disimpulkan bahwa Pemberian 1 L POC feses jangkrik yang dilarutkan dalam 2-6 L air tidak mempengaruhi pertumbuhan dan produksi rumput odot secara umum, namun pemberian 1 L POC feses jangkrik yang dilarutkan dalam 4 L air memberikan hasil terbaik dalam meningkatkan jumlah daun rumput odot. Kata kunci : Feses Jangkrik, Lahan Gambut, Pertumbuhan, Produksi, Rumput Odot.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:13
Last Modified: 28 Jul 2022 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62617

Actions (login required)

View Item View Item