Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL INTERACTIVE DEMONSTRATION TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMPN 1 PANGKALAN KURAS

MELIANTI, - (2022) PENGARUH MODEL INTERACTIVE DEMONSTRATION TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS VII PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMPN 1 PANGKALAN KURAS. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Melianti (2022): Pengaruh Model Interactive Demonstration Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Suhu Dan Kalor di SMP Negeri 1 Pangkalan Kuras. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Pangkalan Kuras masih cenderung satu arah, dimana guru menjadi pusat kegiatan (teacher centered learning) dan metode yang digunakan masih (konvensional). Hal ini berimplikasi pada rendahnya proses pembelajaran yang belum mampu mengembangkan penguasaan konsep dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melatih penguasaan konsep siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Interactive Demonstration pada materi suhu dan kalor . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control grup design pretest dan posttes. Pemilihan sampel secara “Purposive Sampling”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII E sebagai kelas eksprerimen . Data penelitian didapat dari tes penguasaan konsep yang berbentuk soal uraian yang berjumlah 10 soal, pada aspek penguasaan konsep siswa pada indikator memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi dan didukung oleh lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data soal tes diketahui nilai sig. 0,000 < 0,05 yang menunjukkan H_a diterima dan H_0 ditolak sehingga dapat disimpulkan adanya “ Pengaruh Model Interactive Demonstration Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMP Negeri 1 Pangkalan Kuras” Kata Kunci : Interactive Demonstration, Penguasaan Konsep Siswa, Materi Suhu dan Kalor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:12
Last Modified: 28 Jul 2022 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62612

Actions (login required)

View Item View Item