Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH MENURUT PERDA PEKANBARU NO. 8 TAHUN 2014 DI TPS PASAR PAGI KELURAHAN SIDOMULYO TIMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

YOKI WIDIANTO S, - (2022) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SAMPAH MENURUT PERDA PEKANBARU NO. 8 TAHUN 2014 DI TPS PASAR PAGI KELURAHAN SIDOMULYO TIMUR DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOKI WIDIANTO S.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yoki Widianto S (2022) : Efektivitas Pengelolaan Sampah Menurut Perda Pekanbaru No. 8 Tahun 2014 Di Kelurahan Sidomulyo Timur Dalam Perspektif Fiqh Siyasah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peramasalahan tentang pengelolaan sampah yang masih belum memadai di Kelurahan Sidomulyo Timur yang tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Pekanbaru Nomor 8 Tahun 2014. Sedangkan dalam Islam telah memerintahkan dengan jelas di dalam Al-Quran Surah Ar-Ruum ayat 41 yang menjelaskan bahwa umat Islam harus melakukan sesuatu dengan cara yang sebaik-baiknya dengan mengutamakan menjaga kesehatan dan kebersihan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pengelohan sampah menurut Peraturan Daerah Pekanbaru No. 8 tahun 2014 yang dilakukan oleh DLHK pekanbaru di TPS Pasar Pagi Kelurahan Sidomulyo Timur dan bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap efektivitas pengelolaan sampah menurut Perda Pekanbaru No. 8 Tahun 2014 di TPS Kelurahan sidomulyo timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari wawancara yaitu DLHK Pekanbaru dan Kepala Lurah di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan pustaka. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengelolaan sampah di Kelurahan Sidomulyo Timur belum berjalan efektif sesuai dengan Peraturan Daerah Pekanbaru No. 8 tahun 2014. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sampah yang tidak dikelola dengan baik sehingga lingkungan menjadi kotor. Pengelolaan sampah yang tidak efektif ini dikarenakan karena kurangnya Sumber Daya Alam dan minimnya anggaran. Sedangkan dalam tinjauan Fiqih Siyasah pengelolaan sampah ini sudah sesuai dengan Fiqih Siyasah di mana aturan dibuat untuk kemaslahatan rakyat. Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan Perda tersebut meskipun ada beberapa kendala namun setidaknya sudah meminimalisir pengaruh buruk dari sampah. Kata Kunci : Efektivitas, Pengelolaan Sampah, Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:05
Last Modified: 28 Jul 2022 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62607

Actions (login required)

View Item View Item