Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEARIFAN LOKAL LUBUK LAGHANG NINIK MAMAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS PADA DESA TANJUNG BELIT KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU )

PUTRI RAHMA, - (2022) KEARIFAN LOKAL LUBUK LAGHANG NINIK MAMAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS PADA DESA TANJUNG BELIT KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU ). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Rahma, (2022): Kearifan Lokal Lubuk Laghang Ninik Mamak Sebagai Sumber Belajar IPA (Studi Kasus Pada Desa Tanjung Belit Kabupaten Kampar Provinsi Riau) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kearifan Lokal Lubuk Laghang Ninik Mamak, konsep IPA yang ada di Lubuk Laghang Ninik Mamak , serta menganalisis kelayakan Lubuk Laghang Ninik Mamak sebagai sumber belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, Lubuk Laghang Ninik Mamak merupakan suatu kawasan di Sungai Subayang desa Tanjung Belit dan memiliki aturan yang ditetapkan oleh ninik mamak dan masyarakat setempat seperti dilarang melakukan pembalakan (illegal logging) dipinggiran sungai Subayang, tidak boleh membuang sampah kesungai, tidak boleh menangkap ikan sampai waktu yang ditentukan, tidak boleh menangkap ikan menggunakan alat alat yang berbahaya seperti bom ikan,racun dan alat setrum dan hanya boleh menangkap ikan yang besar. Konsep IPA yang terdapat pada Lubuk Laghang Ninik Mamak yaitu Ekosistem, Konservasi perairan, Pencemaran Lingkungan dan Keanekaragaman hayati atau biodiversitas. Lubuk Laghang Ninik Mamak termasuk kategori sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar IPA dengan persentase rata-rata 81,8% dari aspek keamanan, efisiensi waktu, biaya, kemudahan, dan kesesuaian dengan materi ajar. Lubuk Laghang Ninik Mamak di desa Tanjung Belit memuat konsep-konsep IPA dan layak digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal. Kata kunci: Kearifan Lokal, Lubuk Laghang Ninik Mamak, Sumber Belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:28
Last Modified: 28 Jul 2022 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62604

Actions (login required)

View Item View Item