Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROFIL KOLESTEROL DAGING AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TAMBAHAN TEPUNG DAUN KEMANGI (Ocimum basilicum)

GUSHENDRA SETIAWAN, - (2022) PROFIL KOLESTEROL DAGING AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TAMBAHAN TEPUNG DAUN KEMANGI (Ocimum basilicum). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PROFIL KOLESTEROL DAGING AYAM RAS PEDAGING YANG DIBERI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TAMBAHAN TEPUNG DAUN KEMANGI (Ocimum basilicum) Gushendra Setiawan (11781101484) Di bawah bimbingan Sadarman dan Zumarni INTISARI Upaya penurunan kolesterol total dalam daging broiler terus dilakukan. Penambahan tepung kemangi dalam pakan komersial dapat menurunkan kolesterol total melalui mekanisme penghambatan 3-Hidroxy-3-Methyl-GlutarylCoenzime A (HMG-CoA) reduktase yang menyebabkan penurunan sintesis kolesterol dan meningkatkan jumlah reseptor LDL yang terdapat di dalam membran sel dan jaringan sehingga kadar kolesterol total menurun, dengan penurunan kadar kolesterol total tersebut maka LDL yang berfungsi sebagai pengangkut lipid akan berkurang kadarnya di dalam darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kemangi dalam pakan komersial terhadap kolesterol, trigliserida (Tg), Low Density Lipoprotein (LDL), dan High Density Lipoprotein (HDL) daging ayam ras pedaging. Pemeliharaan dan pemanenan ayam ras pedaging dilakukan di Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau. Pengujian kolesterol dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap terdiri dari 4 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang 5 kali, keempat perlakuan yang diujicobakan adalah P1 = Pakan komersial (kontrol), P2 = P1 + tepung kemangi 3,50%, P3 = P1 + tepung kemangi 4%, dan P4 = P1 + tepung kemangi 4,50%. Parameter yang diamati adalah kolesterol, trigliserida, LDL, dan HDL. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis ragam, dan apabila antar perlakuan berpengaruh nyata maka dilanjutkan uji Duncan taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan kolesterol tidak berbeda nyata antar perlakuan (P>0,05). Perlakuan 1, 2, 3, dan 4 berbeda nyata (P<0,05) terhadap trigliserida, LDL, dan HDL. Nilai masing-masing parameter pada penelitian ini dalam 100 g daging adalah kolesterol sekitar 16,7-18 mg/dL, trigliserida sekitar 383-724 mg/dL, LDL sekitar 3,53-3,97 mg/dL, dan HDL sekitar 2,54-2,94 mg/dL, dengan nilai peubah terbaik masing-masing perlakuan adalah trigliserida 383 mg/dL (P3), LDL 3,53 mg/dL (P4), HDL 2,94 mg/dL (P4). Berdasarkan nilai LDL dan HDL hasil penelitian ini, dapat disimpulkan perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah P4 yang menambahkan 4,50% tepung kemangi dalam pakan komersial. Kata Kunci:Daging broiler, HDL, LDL, kolesterol, pakan komersial, tepung kemangi, trigliserid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:57
Last Modified: 28 Jul 2022 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62583

Actions (login required)

View Item View Item