Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FUNGSI DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU DALAM MENANGANI ANAK TERLANTAR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK MENURUT TINJAUAN FIQH SIYASAH

AHMAD AZHARI SIMANJUNTAK, - (2022) FUNGSI DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU DALAM MENANGANI ANAK TERLANTAR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK MENURUT TINJAUAN FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD AZHARI SIMANJUNTAK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Azhari Simanjuntak (2022) : Fungsi Dinas Sosial Kota Pekanbaru Dalam Menangani Anak Terlantar Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Menurut Tinjauan Fiqh Siyasah. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, serta Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Perlindungan Hak Dasar Anak. Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Anak terlantar sesungguhnya adalah anak-anak yang masuk kategori anak rawan atau anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus (children in needof special protection). Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa permasalahan, seperti permasalahan anak terlantar yang ada di kota Pekanbaru berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, serta tugas maupun fungsi Dinas sosial kota pekanbaru terhadap anak-anak terlantar, dan juga pandangan fiqh siyasah dalam menangani anak terlantar. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian hukum sosiologis(kualitatif). Dengan beberapa teknik pengumpulan data seperti observasi(peninjauan), wawancara(Tanya jawab untuk mendapatkan jawaban bersama narasumber), dan dokumentasi (usaha pengumpulan data untuk mendapatkan dokumen, berupa foto, video, dan rekaman suara). Dari hasil penilitian yang penulis dapatkan, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya dinas social kota pekanbaru, memiliki Kendala yang dihadapi oleh dinas sosial dalam menjalankan tugasnya adalah bahwa kendala-kendala yang dijumpai oleh dinas sosial baik dari internal maupun eksternal. Tugas dan fungsi dari dinas social sangat berhubungan erat yaitu dari tugas dan fungsi dinas sosial yang melindungi hak anak terlantar, berkaitan dengan kaidah fiqh yang artinya, kebijakan pemimpin sangat bergantung kepada kemaslhatan masyarakatnya, dan juga kegiatan konseling yang dilakukan oleh dinas sosial Juga sangat berhubungan dengan memilihara kesehetan mental dalam islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:54
Last Modified: 28 Jul 2022 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62569

Actions (login required)

View Item View Item