Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KECELAKAAN DAN KESELAMATAN KERJA DI INSTANSI PEMERINTAHAN PUSDALOPS-PB BPBD KABUPATEN KAMPAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALISYS (JSA)

Abdul Fikri, - (2022) ANALISIS KECELAKAAN DAN KESELAMATAN KERJA DI INSTANSI PEMERINTAHAN PUSDALOPS-PB BPBD KABUPATEN KAMPAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALISYS (JSA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1236.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
45.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)

Abstract

Instansi pemerintahan PUSDALOPS-PB BPBD Kabupaten Kampar mempunyai area refinery dimana memiliki beberapa proses pengerjaan yang melibatkan beberapa tipe risiko kerja berupa risiko lingkungan, properti, aset dan pendapatan serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi pekerja itu sendiri . Ada sekitar 5 proses produksi kegiatan dimana pada penelitian ini akan diambil hanya tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang berhubungan langsung dengan pekerja tersebut. Dimana pada proses pekerjaan ini terdapat kecelakaan kerja yang melibatkan manusia (pekerja) proses pekerjaan hanya diambil menjadi 5 proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bahaya risiko yang didapatkan pada proses produksi dan bisa menilai seberapa bahaya risiko tersebut, serta agar dapat memberikan saran tindakan untuk pengendalian risiko yang telah terjadi dan untuk kedepannya agar dapat mengurangi terjadinya risiko kecelakaan kerja. Penelitian ini menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) yaitu dengan mengumpulkan proses pekerjaan yang berkaitan dengan kecelakaan kerja yang berhubungan dengan pekerja dan mengidentifikasi serta menganalisis bahaya dalam suatu proses produksi yang akan dikerjakan oleh pekerja. Hasil penelitian ini adalah identifikasi bahaya dan analisa bahaya dari risiko kecelakaan kerja pada proses produksi dan menilai bahaya risiko yang terdapat pada proses pekerjaan tersebut serta juga memberikan saran tindakan pengendalian risiko agar dapat mencegah atau bisa mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:55
Last Modified: 28 Jul 2022 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62461

Actions (login required)

View Item View Item