Arif Pratama Budiman, Arif
(2022)
Implementasi Metode Learning Vector Quantization (LVQ) UntukSentimen Analisis Terhadap Aplikasi Go-Jek Pada Playstore.
Implementasi Metode Learning Vector Quantization (LVQ) UntukSentimen Analisis Terhadap Aplikasi Go-Jek Pada Playstore, Vol. 5 (3).
pp. 364-373.
ISSN 2620-8342
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini sangat pesat, terutama di Indonesia. Salah satuteknologi yang berkembang pesat di Indonesia saat ini adalah teknologi dalam bidang transportasi yaitu, transportasi online. Dengan adanya transportasi online ini sangat membantu segala aktifitas masyarakat. Terdapat beberapa platform tranasportasi yang ada di Indonesia, salah satu yang terkenal adalah transportasi online Gojek. Apliikasi Gojek dapat dengan dengan mudah di download pada google plyastore. Playstore adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengunduh berbagai aplikasi. Playstore juga menyediakan fitur penilaian terhadap aplikasi yang tersedia di platform tersebut, dengan adanya fitur penilaian ini pengguna dapat memberikan penilaiannya dan juga berkomentar terhadap aplikasi yang digunakannya. Dengan adanya fitur komentar ini maka dapat di lakukannya sentimen analisis untuk mengetahui sentimen publik terhadap suatu aplikasi. Dalam penelitian ini langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data dan juga memberikanlaber terhadap seluruh data, pada penelitian ini terdapat 3 label yaitu positif, netral, dan Negatif dengan jumlah 900 data. Selanjutnya melakukan proses analisa preprocessing dan juga dilanjutkan dengan proses pembobotanTF, kemudian baru dilakukannya proses klasifikasi menggunakan metode Learning Vector Quantization (LVQ). Hasil pengujiannya sendiri dilakukan dengan menggunakan metode Confussion Matrix. Berdasarkan dari proses dan hasil pengujian yang di lakukan di dapatkan akurasi terbaik pada perbandingan 90 : 10 sebesar84,44% yang sebagian besar bernilai positif.
Kata Kunci: transportasi online, Sentiment analysis , Playstore, Klasifikasi, Learning Vector Quantization
Actions (login required)
|
View Item |